Stop Panic Buying! Alternatif Minuman Selain Susu Beruang

Wanna some?. Via: genes2teens

Sekali lagi, warga penduduk +62 melakukan panic buying yang akhirnya merepotkan orang-orang yang benar-benar membutuhkan. Kali ini korbannya adalah susu Beruang yang komposisinya sama seperti susu biasa lainnya dan selama beberapa hari lalu permasalahan pembelian berlebihan terhadap susu ramai dibahas. Dikutip dari eventhunterindonesia di Instagram, susu steril yang sering diminum ketika sedang atau mau sakit ini dianggap spesial. Selain karena cara promosinya yang tak masuk akal (logonya beruang tapi iklannya naga) susu ini dikemas dalam bentuk kaleng, dapat menetralisir racun, dan harganya mahal yang akhirnya membekas lekat di pikiran kita masing-masing seolah menjadi obat paling mujarab ketika sakit. Intinya susu ini kualitasnya lebih wow dari susu biasa lainnya. Siapa yang tau kalau ‘kemujaraban’ susu ini karena hanya sugesti atau pun trik marketing?

here we go againYes, we face it again. Via: tenor

Well, sebenarnya kita bisa mengkonsumsi susu lainnya- selain susu kental manis tentu saja dan ada berbagai alternatif minuman yang bisa dikonsumsi selama pandemi yang tak kunjung selesai.

1. Air Putih

Sudah lah, tak perlu pusing-pusing mencari minuman yang menyehatkan. Minum air putih (yang tentu saja sudah dimasak) sudah menjadi kewajiban kita untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan tentu saja disarankan oleh WHO untuk mengkonsumsinya selama pandemi ini. Hanya dengan 8-10 gelas per hari – tak lebih dan tak kurang – kamu mendapat manfaat yang banyak dari sumber kehidupan ini, mulai dari terjaganya metabolisme tubuh, menurunkan berat badan, keluarnya racun-racun yang ada di dalam tubuh, serta melembabkan dan memberikan nutrisi bagi kulit. Jadi yang ingin glowing dari dalam selama pandemi ini, cara termudah adalah minum air putih yang cukup dengan diimbangi pola hidup yang sehat.

2. Infused Water

Nah, bagi yang anti maupun bosan minum air yang tak berasa, bisa membuat infused water sendiri di rumah. Mulai dari lemon, timun, atau buah apa pun yang kamu suka bisa dijadikan sebagai bahan infused water. Kalian bisa search di Google untuk resep-resepnya sesuai dengan keinginan kalian ^^. Manfaatnya juga nggak jauh-jauh amat dengan air putih. Perbedaannya hanyalah sebagai alternatif minum air putih yang memiliki rasa buah-buahan tanpa pengawet atau pemanis buatan dengan kandungan vitamin.

3. Yogurt

Alternatif produk susu yang bisa kalian minum atau makan yang kandungannya tidak jauh seperti susu. Berdasarkan laman dari National Geographic, yogurt diperkaya dengan probiotik atau bakteri baik untuk kesehatan pencernaan. Lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi rasa plain atau Greek yogurt karena less sugar dan bisa digunakan untuk membuat salad buah atau smoothies. Tapi tak masalah bagi kalian untuk membeli yogurt dengan varian rasa buah-buahan, tapi jangan lupa ya untuk tidak terlalu berlebihan mengonsumsinya karena kandungan gula yang ada di dalam yogurt bisa membuat kalian terkena diabetes. Untuk mengenal lebih jauh apa itu Greek yogurt dan yogurt biasa, kalian bisa membaca di sini.

4. Jus

Kalau bosan makan buah-buahan secara langsung kenapa tidak untuk membuatnya menjadi jus? Pastinya selama mengkonsumsi jus perlu di perhatikan penggunaan gula maupun susu kental manis sebagai penambah rasa ya. Karena manfaat jus yang seharusnya bisa untuk menahan rasa lapar dan menurunkan berat badan tidak menjadi begitu efektif. Jadi sebisa mungkin untuk mengonsumsinya dengan gula alami dari buah-buahannya. Kalau pun tidak suka disarankan hanya untuk mengonsumsi 1 gelas per hari.

5. Rempah-rempah atau Jamu

Mulai dari jahe, kayu manis, cengkeh, kapulaga, dan lain-lainnya bisa dijadikan minuman sebagai alternatif kalau kalian tidak menyukai jamu. Banyak minuman khas daerah yang komposisinya berdasarkan rempah-rempah, semisal ronde atau bajigur (di tempat kalian ada apa aja nih?). Selain menghangatkan badan tentu saja menjaga imunitas tubuh dan sebagai antioksida alami karena kandungan kimiawi bernama phytochemical. Banyak orang yang berusaha untuk berjualan minuman rempah-rempah semenjak pandemi melanda, siapa tau kalian juga bisa berbisnis dengan ini ^^

6. Air Kelapa

Ternyata baik kelapa muda maupun kelapa tua airnya memiliki nutrisi yang sama, dan lebih baik untuk mengkonsumsi airnya yang langsung berasal dari buahnya dan disarankan untuk tidak menambah pemanis apa pun atau bila mengkonsumsi dalam bentuk kemasan, segera langsung dihabiskan. Air yang dapat meringankan gejala keracunan ini efektif untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang dari pada air putih maupun minuman olahraga karena kandungan elektrolitnya lebih banyak. Namun juga diperhatikan, bahwa mengkonsumsi air kelapa cukup 1-2 gelas per hari karena bila berlebihan dapat mengakibatkan penumpukan kalium dalam tubuh dan terjadi efek samping seperti gagal jantung.

7. Suplemen atau Vitamin

Merupakan opsi paling akhir dan sebaiknya tidak perlu mengkonsumsi. Kenapa? Baik vitamin atau pun suplemen bisa dikonsumsi kalau ingin yang praktis, terlebih kalau kehidupan sehari-hari kalian selama WFH tidak terjaga baik (mulai dari kelelahan sampai pola makan tidak teratur). Kegunaan vitamin dan suplemen adalah untuk memenuhi kebutuhan gizi atau vitamin yang tidak tercukupi, jadi kalau kalian agak kesulitan untuk memenuhi kebutuhan bisa mengonsumsinya dengan jumlah yang sesuai dengan pemakaiannya.

Selama kalian menerapkan pola hidup yang sehat, menjaga mental tetap stabil, dan selalu mematuhi 5M kalian tidak perlu panik. Imun dan metabolisme yang kuat menjadi poin penting selama pandemi ini dan jangan lupa untuk mendapatkan vaksin supaya dapat mencegah tersebarnya virus lebih luas. Stay safe💛

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Buat Blog di WordPress.com.

Atas ↑