Wagamama Rakia: Survive VS Joker

Let’s meet up with this unique group! Wagamama Rakia
From left to right: Rin, Layna, Minami, Miri
cr: Wagamama Rakia Unofficial Facebook Fanpage

Oke, artikel music review kali ini aku awali dari J- Idol group bernama Wagamama Rakia. Mungkin bagi kamu yang suka ‘jalan-jalan’ di bagian girl group rock seperti PassCode, Baby Metal, atau lain-lainnya setidaknya pernah mendengar nama group ini atau mungkin tidak sama sekali? Karena kalau kamu lihat komentar di MV Survive, kamu bisa menemukan beberapa orang yang ‘kepincut’ dengan group ini dari iklan YouTube (JMS ‘agak’ memaksimalkan untuk mempromosikan artis mereka, ya walau hanya segelintir seperti My First Story dan Crystal Lake). Bisa dibilang group ini punya potensi untuk berkembang lebih baik dan menarik banyak fans dengan keunikan mereka, jadi siapa tau kamu kepo dengan group ini :).

Alasan kenapa aku membahas lagu mereka, karena dua tahun ini aku lebih condong ke J-pop & rock selama menulis skripsi (sial, skripsiku bentuknya short story) dan alasan lainnya adalah selama mereka comeback, lagu yang mereka bawakan selalu berbeda genre-nya. Untuk comeback ke-2 dan ke-3 mereka bisa dikatakan keren meski mengingatkan pada lagu tertentu, namun ada 1 hal yang perlu dipermasalahkan yang bakal aku bahas disetiap lagunya. Tanpa basa-basi, cusss langsung kita bahas! 

WAGAMAMARAKIALagu yang dirilis sehari sesudah MV-nya ini rilis pada tanggal 18 November, 2020 yang akhirnya dimasukkan ke dalam single WAGAMAMARAKIA bulan depannya dengan 5 lagu tambahan. Lewat SURVIVE sebagai lagu andalan mereka, single kali ini bernuansa cadas karena artis-artis di bawah naungan JMS berpartisipasi dalam memproduseri setiap lagunya. Nob dari My First Story bertanggung jawab dalam penulisan lagu SURVIVE dibantu oleh Miri dan KTR (aku nggak tau kalau om satu ini bisa jadi songwriter) yang tentu saja menjadikan lagu ini terdengar seperti memiliki sesuatu yang khas dari My First Srory. Contohnya saja untuk bagian riff gitarnya yang sekilas mengingatkan pada lagu ‘無告’ dan vibenya seperti lagu ‘Underdog’. Namun terlepas kesan seperti lagu milik My First Story akhir-akhir ini, mereka bisa memperlihatkan ciri khas yang cadas lewat suara mereka yang sayangnya lebih didominasi oleh suara maturenya Minami dan rap gilanya Miri sedangkan Rin dan Layna hanya bernyanyi sekilas (di menit 1:52-2:09). Dikemas dengan hook yang catchy dan alunan hard rock gitar dalam MV yang epic lagu ini cocok bagi kalian yang sedang down dan muak dengan keadaan untuk survive sembari berheadbanging ria seraya memberi jawaban ‘I’m fine‘.

Salah satu setnya mengingatkan pda MV ‘無告’ milik My First Story

Untuk comeback tahun ini, Wagamama Rakia merilis single SUPERIORITY dengan lagu andalan JOKER yang pada akhir bulan Juni baru tersedia di berbagai platform music. Masih dibantu oleh artis-artis yang sama (kecuali untuk lagu JOKER), single ini lebih berbeda dari single sebelumnya karena setiap lagu mengusung genre yang berbeda. Sama seperti lagu SURVIVE, lagu yang diproduseri oleh Mr. X yang misterius ini terdengar seperti lagu BLAH BLAH BLAH milik SiM— hingga fans berspekulasi kalau Mr. X ini adalah MAH— mulai dari dari ketukan hingga vibenya. Dibantu oleh Miri dan Minami dalam penulisan liriknya, lagu JOKER ini lebih energik karena mengusung genre punk rock yang cocok untuk ‘midsummer madness’ dengan ke-funky-an setiap membernya meski hanya dinyanyikan oleh Minami dan Miri saja, tapi di lagu lain Rin dan Layna dapat bagian kok. Merasa kalah karena orang lain memiliki kartu tertinggi dalam permainan kehidupan? Kenapa kalian tidak menjadi kartu Joker saja?

Kalau merasa kesal dengarkan saja lagu ini sambil bergoyang!

Walau kedua lagu ini bisa dikatakan terdengar mirip dengan lagu-lagu yang ada, lagu mereka tetap enak di dengar dan easy listening bagi orang-orang yang suka terhadap genre rock meski pembagian linenya tidak adil. Menurutku sih lagu SURVIVE tetap menjadi lagu yang paling banyak diminati walau lagu JOKER juga diantisipasi ketika dirilis MVnya. Menurut kalian bagaimana? Apakah mereka menjadi the next artist yang kamu masukan ke dalam list lagumu?

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Buat Blog di WordPress.com.

Atas ↑